Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di kelas V SDN 42 Payakumbuh

Husni, Jumrida (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di kelas V SDN 42 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUMRIDA_HUSNI_52341_3076_2016.pdf] Text
B1_6_JUMRIDA_HUSNI_52341_3076_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, salah satu penyebabnya guru belum menggunakan metode yang cocok dengan materi. Tujuan penelitian ini untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi
di kelas V SDN 42 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian ini merupakan proses daur ulang yang terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi, selama dua siklus atau empat kali pertemuan. Instrumen
dalam penelitian ini antara lain: lembar pengamatan dan lembar tes. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 42 Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi: (a) RPP siklus I pertemuan 1 adalah 64% (C),
siklus I pertemuan 2 adalah 79% (B), pada siklus II pertemuan 1meningkat menjadi 89% (SB) dan siklus II pertemuan 2 menjadi 96% (SB), (b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru , pada siklus I pertemuan 1 adalah 68% (C), pada siklus I pertemuan 2, 80% (SB), terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 91% (SB), dan siklus II pertemuan 2 menjadi 97% (SB). Pada aspek siswa siklus I pertemuan 1 66% (C), pada siklus I pertemuan 2 menjadi 73% (B),meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 89% (SB) dan siklus II pertemuan 2 sebesar 93% (SB), (c) hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 69 (C),
siklus I pertemuan 2 adalah 75 (B), meningkat pada siklus II pertemuan 1 adalah 80 (SB) dan siklus II pertemuan 2 adalah 87 (SB). Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA
dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDN 42 Payakumbuh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:18
Last Modified: 29 Jul 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18392

Actions (login required)

View Item
View Item