Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota

Azzahra, Hanifah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HANIFAH_AZZAHRA_4240_17129216_2021.pdf] Text
final_B1_06_HANIFAH_AZZAHRA_4240_17129216_2021.pdf

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan proses pembelajaran yang
belum dilaksanakan dengan optimal. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil
belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh
Kota. Pada saat proses pembelajaran peserta didik juga terlihat kurang aktif
terlibat dan kurang berani berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik tersebut dapat dilakukan dengan
menerapkan model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik menggunakan model Kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS).
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan
dua jenis pendekatan, kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru
dan peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh
Kota. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus tersebut meliputi
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data
penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses
pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP siklus I
rata-rata 85.22% (baik) dan siklus II 93.18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada
pelaksanaan siklus I rata-rata 82.5% (baik) dan siklus II 90% (baik), sedangkan
aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I rata-rata 82.5% (baik), dan siklus
II 90% (baik), c) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan ratarata
73.69 (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 82.21 (baik). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu di SD Negeri 04 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:17
Last Modified: 29 Jul 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item
View Item