Peningkatan Keterampilan Siswa Menggunakan Pianiaka Melalui Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang

Febriyanti, Febriyanti (2014) Peningkatan Keterampilan Siswa Menggunakan Pianiaka Melalui Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRIYANTI_56752_2161_2014.pdf] Text
final_B1_6_FEBRIYANTI_56752_2161_2014.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa dalam pembelajaran seni musik, siswa tidak memperlihatkan kesungguhannya dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan guru dalam melaksanakan pembelajaran hanya berupa teori tanpa memberikan contoh atau peragaan dari guru akibatnya keterampilan siswa belum sesuai dengan yang diharapkan . Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan siswa kelas IV SDN 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang menggunakan pianika dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru (praktisi) dan siswa SDN 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang yang berjumlah 25 orang. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan hasil tes. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan penilaian proses dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pembelajaran pada siklus I adalah 67,85 dengan kualifikasi cukup pada Siklus II mengalami peningkatan adalah 85,71 dengan kualifikasi sangat baik. Pada pelasanaan pembelajaran, dapat dilihat pada aspek guru Siklus I adalah 79,5 dengan kualifikasi baik, sedangkan pada Siklus II adalah 91,66 dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa Siklus I adalah 74,95 dengan kualifikasi baik, dapat dilihat pada Siklus II mengalamai peningkatan 87,5 dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan siswa Siklus I adalah 72,29 dengan kualifikasi baik dan Siklus II mengalami peningkatan 85,9 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa SD 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang dalam menggunakan pianika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan bermain pianika, pembelajaran langsung, seni musik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:16
Last Modified: 29 Jul 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item
View Item