Astuti, Winda (2015) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah: Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINDA_ASTUTI_1100547_408_2016.pdf [thumbnail of B1_5_WINDA_ASTUTI_1100547_408_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINDA_ASTUTI_1100547_408_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Sebagian siswa belum mampu menerapkan kecerdasan emosional denganbaik. Apabila kecerdasan emosional belum bisa dipahami dengan baik, tentunyasiswa tidak akan dapat berkembang seoptimal mungkin dan rasa saling menghargaitidak ada satu sama lainnya. Seharusnya siswa mampu untuk melihat mana yang baikdan mana yang buruk bagi dirinya, namun kebanyakan siswa belum cerdas secaraemosi. Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang dapatdigunakan untuk membuat siswa cerdas secara emosi. Penelitian ini bertujuan untukdapat meningkatan kecerdasan emosional siswa melalui layanan bimbingankelompok.Penelitian termasuk penelitian dengan rancangan Quasy-Experiment jenis TheNon EquivalentControl Group. Subjek penelitiannya siswa kelas XI MIA 3 sebagaikelompok eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yangdigunakan adalah kuesioner (angket). Data tentang kecerdasan emosional siswa disekolah dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest, kemudian dianalisis denganmenggunakan Wilcoxon Signed Ranks test dan Kolmogorov-Smirnov Two IndependetSampel dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS)versi 20.Temuan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikanpeningkatan kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah mengikuti layananbimbingan kelompok pada kelompok eksperimen, (2) tidak terdapat perbedaan yangsignifikan kecerdasan emosional siswa pada kelompok kontrol, (3) terdapatperbedaan yang signifikan peningkatan kecerdasan emosional siswa pada kelompokeksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapatdisimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui layananbimbingan kelompok, Oleh karena itu guru BK disarankan dapat mengembangkanlayanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok untukmembantu meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK, KECERDASAN EMOSIONAL |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18380 |