Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Putra, Febrio Rozalmi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRIO_ROZALMI_PUTRA_17278_3560_2014.pdf] Text
final_B1_6_FEBRIO_ROZALMI_PUTRA_17278_3560_2014.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar IPS. Hal ini disebabkan karena guru belum variatif dalam penggunakan model pembelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan siswa jenuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar IPS dengan model cooperative learning tipe make a macth di kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe make a macth. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I persentase penilaian RPP adalah 78,6% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,9% dengan kualifikasi sangat baik. Dari pelaksanaan, siklus I aspek guru memperoleh persentase 78,1% dengan kualifikasi baik, siklus II memperoleh persentase 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. Dan aspek siswa siklus I memperoleh persentase 76,6% dengan kualifikasi baik, siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,1 dan Siklus II 85,7. Dengan demikian, model pembelajaran cooperative learning tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Make A Macth
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:53
Last Modified: 29 Jul 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item
View Item