sari, Febrina Beta (2016) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Kelas II C SDN 04 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, terlihat dari pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurang terlihat adanya keterpaduan antar muatan mata pelajaran dan guru kurang memberikan konsep yang nyata terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa kata-kata sedangkan pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa angka Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I, 2 kali pertemuan, dan siklus II, 1 kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II C berjumlah 32 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.
Hasil penelitian siklus I penilaian RPP memperoleh nilai 83,25% dengan kualifikasi baik, aktivitas guru 80,3% dengan kualifikasi baik, aktivitas siswa 78,55% dengan kualifikasi baik, serta penilaian terhadap aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan 71,1 dengan kualifikasi baik. Pada siklus II penilaian RPP menjadi 97,2% dengan kualifikasi amat baik, aktivitas guru menjadi 96,4% dengan kualifikasi amat baik, aktivitas siswa menjadi 96,4% dengan kualifikasi amat baik serta penilaian terhadap aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan menjadi 88,2 dengan kualifikasi amat baik. Dengan demikian, pendekatan saintifik.dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di kelas II C SDN 04 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik terpadu, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:51 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18360 |