sari, Febrina Beta (2016) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Kelas II C SDN 04 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FEBRINA_BETA_SARI_1200682_4957_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru dalam  pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, terlihat dari pembelajaran yang masih  berpusat pada guru, kurang terlihat adanya keterpaduan antar muatan mata  pelajaran dan guru kurang memberikan konsep yang nyata terhadap siswa. Tujuan  penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pembelajaran tematik terpadu  dengan pendekatan saintifik.  
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan  penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa kata-kata  sedangkan pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang dilakukan  dengan mengumpulkan data berupa angka Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu  siklus I, 2 kali pertemuan, dan siklus II, 1 kali pertemuan. Prosedur penelitian  yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian  adalah guru dan siswa kelas II C berjumlah 32 orang. Data penelitian ini  dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.  
Hasil penelitian siklus I penilaian RPP memperoleh nilai 83,25% dengan  kualifikasi baik, aktivitas guru 80,3% dengan kualifikasi baik, aktivitas siswa  78,55% dengan kualifikasi baik, serta penilaian terhadap aspek sikap,  pengetahuan dan keterampilan 71,1 dengan kualifikasi baik. Pada siklus II  penilaian RPP menjadi 97,2% dengan kualifikasi amat baik, aktivitas guru  menjadi 96,4% dengan kualifikasi amat baik, aktivitas siswa menjadi 96,4%  dengan kualifikasi amat baik serta penilaian terhadap aspek sikap, pengetahuan  dan keterampilan menjadi 88,2 dengan kualifikasi amat baik. Dengan demikian,  pendekatan saintifik.dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di kelas  II C SDN 04 Bukittinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik terpadu, Pendekatan Saintifik | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:51 | 
| Last Modified: | 29 Jul 2025 08:51 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18360 | 
 
         