Gusti, Winda Aprilia (2019) Hubungan Bermain Game yang Mengandung Unsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINDA_APRILIA_GUSTI_15006028_4655_2019.pdf [thumbnail of B1_5_WINDA_APRILIA_GUSTI_15006028_4655_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINDA_APRILIA_GUSTI_15006028_4655_2019.pdf
Download (594kB)
Abstract
Remaja adalah individu yang sedang berkembang dan mencarijati diri. Dalam masa mencari jati diri, remaja akan menemukanberbagai permasalahan, yang mana dapat menyelesaikanpermasalahannya sendiri dan tidak jarang pula ia tidak dapatmengatasi permasalahannya sendiri sehingga terbebani danmenghambat tugas-tugas perkembangan dirinya. Salah satu perubahanyang berkaitan dengan kejiwaan pada remaja adalah mudah bereaksibahkan agresif terhadap gangguan atau rangsangan yang luar yangmempengaruhinya, sehingga mudah terjadi perkelahian. Suka mencariperhatian dan bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Perilaku agresifmerupakan salah satu bentuk perilaku yang tujuannya untuk menyakitiorang lain secara sengaja. Salah satu faktor yang menyebabkan remajaberperilaku agresif adalah kekerasan yang ada pada media sepertibermain game yang mengandung unsur kekerasan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui adanya hubungan bermain game yangmengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif siswa di SMPPembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptifkorelasional dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi 249 siswadansampel sebanyak 152 siswa dipilih dengan menggunakan teknikStratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakanadalah bermain game yang mengandung unsur kekerasan dan angketperilaku agresif siswa.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) siswa bermaingame yang mengandung unsur kekerasan di SMP PembangunanLaboratorium Universitas Negeri Padang berada pada kategori cukuptinggi, (2) perilaku agresif siswa berada pada kategori sangat tinggi,(3) terdapat hubungan yang signifikan antara bermain game yangmengandung unsure kekerasan dengan perilaku agresif siswa di SMPPembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Berdasarkantemuan penelitian, disarankan kepada guru BK/ Konselor sekolahuntuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, yaitulayanan informasi dan layanan konseling individual agar dapatmembantu siswa yang berperilaku agrsif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GAME,PERILAKU AGRESIF |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18349 |