Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Metode Recolloction Smart Teaching (RST) Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi

Dafit, Febrina (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Metode Recolloction Smart Teaching (RST) Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRINA DAFIT_01369.pdf] Text
final_B1_6_FEBRINA DAFIT_01369.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi, ditemukan fakta bahwa pembelajaran menulis narasi masih sulit dilakukan siswa, ini terlihat dalam menulis narasi (1) siswa kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan pikiran dan gagasannya, (2) siswa belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat. Penyebab dari guru adalah (1) guru hanya memfokuskan pada penyampaian materi menulis tanpa mencoba memberikan contoh menulis narasi, (2) guru kurang membimbing siswa pada saat proses menulis narasi (3) guru kurang memberikan arahan pada saat penyusunan karangan sehingga karangan yang dihasilkan siswa masih belum tertata dengan baik, (4) guru belum melakukan tahap perbaikan atau revisi bersama dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis narasi dengan metode Recolloction Smart Teaching (RST) sehingga dapat menunjang peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 11 Bukit Apit Puhun dengan jumlah siswa 32 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode RST dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Hal ini tercermin dari (1) penggunaan metode RST dapat memotivasi siswa untuk menulis narasi, bebas mengeluarkan pendapatnya, aktif, dan produktif sehingga kendala yang sering menghambat siswa yang semula takut, dan malu dapat teratasi, (2) siswa terlatih dalam mengemukakan prediksi yang dibuatnya, berani mengemukakan pendapat dan bersedia mendengar pendapat orang lain serta mau menerima pendapat orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Recolloction Smart Teaching (RST dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Hasil perencanaan siklus I 61%, perencanaan siklus II 96%. Hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa siklus I 67%, siklus II 89%. Rata-rata nilai siswa siklus I tahap prapenulisan 64%, penulisan 60%, pascapenulisan 66%, hasil akhir 63%. Rata-rata nilai siswa siklus II tahap prapenulisan 77%, penulisan 79%, pascapenulisan 79%, hasil akhir 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode RST dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Sehingga disarankan agar guru dapat menggunakan metode pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis narasi, Recolloction Smart Teaching (RST), siswa kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:50
Last Modified: 29 Jul 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item
View Item