Dafit, Febrina (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Metode Recolloction Smart Teaching (RST) Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRINA DAFIT_01369.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRINA DAFIT_01369.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FEBRINA DAFIT_01369.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan peneliti di SDN 11 Bukit Apit Puhun  Bukittinggi, ditemukan fakta bahwa pembelajaran menulis narasi masih sulit  dilakukan siswa, ini terlihat dalam menulis narasi (1) siswa kurang mampu  menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan pikiran dan gagasannya, (2)  siswa belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat. Penyebab  dari guru adalah (1) guru hanya memfokuskan pada penyampaian materi menulis  tanpa mencoba memberikan contoh menulis narasi, (2)  guru kurang membimbing  siswa pada saat proses menulis narasi (3) guru kurang memberikan arahan pada  saat penyusunan karangan sehingga karangan yang dihasilkan siswa masih belum  tertata dengan baik, (4) guru belum melakukan tahap perbaikan atau revisi  bersama dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis narasi dengan  metode Recolloction Smart Teaching (RST) sehingga dapat menunjang  peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD.  
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif  dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas  yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa SDN 11 Bukit Apit Puhun dengan jumlah siswa 32  orang.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode RST dapat  meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Hal ini tercermin  dari (1) penggunaan metode RST dapat memotivasi siswa untuk menulis narasi,  bebas mengeluarkan pendapatnya, aktif, dan produktif sehingga kendala yang  sering menghambat siswa yang semula takut, dan malu dapat teratasi, (2) siswa  terlatih dalam mengemukakan prediksi yang dibuatnya, berani mengemukakan   pendapat dan bersedia mendengar pendapat orang lain serta mau menerima  pendapat orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode  Recolloction Smart Teaching (RST dapat meningkatkan kemampuan menulis  narasi siswa kelas IV SD. Hasil perencanaan siklus I 61%, perencanaan siklus II  96%. Hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa siklus I 67%, siklus II 89%.  Rata-rata nilai siswa siklus I tahap prapenulisan 64%, penulisan 60%,  pascapenulisan 66%, hasil akhir 63%. Rata-rata nilai siswa siklus II tahap  prapenulisan 77%, penulisan 79%, pascapenulisan 79%, hasil akhir 78%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode RST dapat meningkatkan  kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 11 Bukit Apit Puhun Bukittinggi.  Sehingga disarankan agar guru dapat menggunakan metode pembelajaran ini  untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan minat belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menulis narasi, Recolloction Smart Teaching (RST), siswa kelas IV SD | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:50 | 
| Last Modified: | 29 Jul 2025 08:50 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18348 | 
 
         