Fitri, Restia (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 48 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RESTIA_FITRI_1300583_2041_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_RESTIA_FITRI_1300583_2041_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RESTIA_FITRI_1300583_2041_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas IV SDN 48 Kuranji Kota Padang, serta melakukan penelitian yang dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang cenderung sumber informasi hanya berasal dari guru. serta guru belum menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan sekitar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SDN 48 Kuranji Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SDN48 Kuranji Kota Padang dengan menggunakan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, lembar pengamatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SDN48 Kuranji Kota Padang, siswa berjumlah 28 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I adalah 87,49% meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I adalah 77,8% meningkat menjadi 94,5% pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I adalah 66,65% meningkat menjadi 88,9% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 46,43 meningkat menjadi 92,86 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 48 Kuranji Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18325 |