Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang

Maryunda, Hana (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus Baruah Gunuang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HANA_MARYUNDA_2635_17129334_2021.pdf] Text
final_B1_06_HANA_MARYUNDA_2635_17129334_2021.pdf

Download (953kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan matematika peserta didik di
Indonesia yang masih memprihatinkan, salah satunya ditandai oleh rendahnya hasil
belajar yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas
bangun datar di kelas IV SD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah
Apakah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh
terhadap hasil belajar pada tema 7 (indahnya keberagaman negeriku) subtema 2
(indahnya keberagaman budaya di negeriku) pembelajaran 3 di Kelas 4 SDN Gugus
Baruah Gunuang?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV
SDN Gugus Baruah Gunuang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen dan desain true eksperimen dengan bentuk pretset-postest control
group desaign. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random
sampling dengan sampel yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini berjumlah
31 orang dengan populasi sebanyak 82 orang.
Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan model
Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data
berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata Post-test kelas Eksperimen yang menggunakan model Problem Based
Learning adalah 84,038 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran
konvensional adalah 77,778 Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan model
Problem Based Learning berpengaruh dibandingkan pembelajaan konvensional.
Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 1,766 dan
ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,680 sehingga thitung > ttabel 1,6991.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:24
Last Modified: 29 Jul 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item
View Item