Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw 1 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Perawatan Personal Computer (PC) dan Peripheral di SMK N 1 Bukittinggi.

Agustiarmi, Winda (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw 1 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Perawatan Personal Computer (PC) dan Peripheral di SMK N 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WINDA_AGUSTIANI_85112_2011.pdf] Text
B1_5_WINDA_AGUSTIANI_85112_2011.pdf

Download (292kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan keterangan guru hasil belajar di SMK N1Bukittinggi mata diklat Perawatan PC dan Pheriperal rendah, sehingga belummencapai standar KKM yaitu 70. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor salahsatunya model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh modelpembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat perawatan PCdan Pheriperal di SMK N 1 Bukittinggi. Populasi penelitian adalah seluruh siswaXTKJ yang berjumlah 52 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XTKJ1 danXTKJ 2, penarikan sampel dilakukan dengan metode penarikan sampel jenuh,. Jadisampel penelitian 52 orang. Jenis penelitian in adalah penelitian eksperimen,perlakukan penelitian eksperimen membagi menjadi 2 kelas penelitian yaitu kelaseksperimen dan kelas kontrol, yang dijadikan kelas eksperimen adalah XTKJ 1dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas kontrol X TKJ2 dengan jumlah siswa 24orang. Adapun hipotesis penelitian “terdapatnya pengaruh penggunaan modelpembelajaran cooperative learning tipe jigsaw 1 terhadap hasil belajar siswa kelas XTKJ di SMK N 1 Bukittinggi”. Sebelum membuktikan hipotesis ada beberapaanaliasa dilakukan., uji coba soal dikukan dalam bentuk soal objektif 35 soal denganmelakukan uji validitas, uji reliabilitas , uji indeks kesukaran soal dan daya beda soaldiperoleh soal yang dijadikan uji evaluasi 30 soal. Untuk menganalisa data dilakukanbeberapa analisis uji normalitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah data dianalisa diperoleh data normal dan homogen, hipotesis diterima dengan tarafkepercayaan 95% . al ini terlihat pada niali rata-rata, kelas eksperimen memiliki ratarata tinggi yaitu 80,67 dengan perlakukan model pembelajaran cooperatif learningtipe jigsaw sedangkan untuk kelas kontrol dengan rata 66,66 dengan perlakuaknmodel pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan model pembelajarancooperatif learning tipe jigsaw 1 dapat memepengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA, PERAWATAN PERSONAL COMPUTER
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:24
Last Modified: 29 Jul 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18305

Actions (login required)

View Item
View Item