Nofalinda, Siska (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (Tgt) Di Kelas V Sdn 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SISKA_NOFALINDA_50552_2216_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_SISKA_NOFALINDA_50552_2216_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SISKA_NOFALINDA_50552_2216_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan refleksi diri peneliti di kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah
Kota Bukittinggi yang dilihat dari hasil belajar PKn semester I tahun
pembelajaran 2014/2015, guru belum menciptakan proses pembelajaran yang
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan, menyenangkan, guru jarang memberikan
pembelajaran secara berkelompok yang memungkinkan siswa berkolaborasi
dalam dan antar kelompok, guru jarang memberikan pembelajaran dalam bentuk
permainan yang dapat menumbuhkan minat dan kegairahan belajar siswa, dan
guru jarang memberikan penghargaan kepada siswa yang telah berhasil meraih
nilai memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan,
pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah
20 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran siklus I
pertemuan 1 adalah 78% (baik), siklus I pertemuan 2 adalah 87,5% (baik), siklus
II pertemuan 1 adalah 91% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas
guru siklus I pertemuan 1 adalah 75% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 81%
(baik), siklus II pertemuan 1 adalah 94% (sangat baik. Pada aktifitas siswa siklus I
pertemuan 1 adalah 69% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 81% (cukup), siklus
II pertemuan 1 adalah 88% (baik). Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I
pertemuan 1 adalah 68,88, siklus I pertemuan 2 adalah 75,67, siklus II pertemuan
1 adalah 83,07. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan
Cooperative Learning Tipe Team Games Turnamen (TGT).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Cooperative Learning, Team Games Tournament (TGT), pembelajaran interaktif, kelas V SD, SDN 07 Kubu Gulai Bancah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18291 |