Libriawati, Resti (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RESTI_LIBRIAWATI_1108228_2214_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_RESTI_LIBRIAWATI_1108228_2214_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RESTI_LIBRIAWATI_1108228_2214_2018.pdf
Download (468kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Nan Sabaris dimana hasil belajar IPA masih rendah. Hal ini disebabkan kurang maksimalnya guru menggunakan strategi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Nan Sabaris.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap sikus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 01 Nan Sabaris yang berjumlah 22 orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan hasil tes yang selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA untuk RPP siklus I yaitu 72,00% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62% (sangat baik). Untuk pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I yaitu 72,92% (baik) dan meningkat menjadi 87,50% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa pada siklus I yaitu 68,75% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 83,33% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 71,17% meningkat menjadi 84,44% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi konduktor dan isolator panas di kelas VI SD Negeri 01 Nan Sabaris.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Strategi Pembelajaran Inkuiri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18290 |