Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Vee Map dalam Praktikum terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 16 Padang.

Herlina, Winda (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Vee Map dalam Praktikum terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WINDA HERLINA_86256_2012.pdf] Text
B1_5_WINDA HERLINA_86256_2012.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa aktivitas belajar fisikasiswa didominasi oleh guru, sehingga pemahaman siswa terhadap mata pelajaranmasih lemah. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa. Melihat gejalatersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan strategi Pembelajaran Vee Map dalam praktikum terhadap hasil belajarfisika siswa di kelas VIII SMP N 16 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalahterdapat pengaruh yang berarti penerapan strategi pembelajaran Vee Map dalampraktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas VIII SMP N 16 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen menggunakan rancanganRandomized Control-Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII SMP N 16 Padang yang terdaftar dalam Tahun Ajaran 2011/2012 yangterdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII3,VIII4, VIII5, VIII6, dan VIII7. Sampel diambildengan mengunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga terpilih kelas VIII6sebagai kelas eksperimen dan VIII7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data padapenelitian ini menggunakan tes hasil belajar untuk ranah kognitif dan rubrikpenskoran untuk ranah psikomotor. Teknik analisa data yang digunakan pada ranahkognitif dan ranah psikomotor untuk menguji hipotesis adalah uji kesamaan dua ratarata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan 71.Hasil analisis data ranah kognitif menunjukkan bahwa rata-rata pada ranahkognitif pada kelas eksperimen 70,05 dan kelas kontrol 63,67. Hasil yang diperolehuntuk thitung adalah 2,24 sedangkan t tabel adalah 2,00. Karena thitung>ttabel berartihipotesis diterima. Hasil analisis data ranah psikomotor menunjukkan bahwa rata-ratakelas eksperimen 67,35 dan kelas kontrol 62,83. Hasil yang diperoleh untuk thitungadalah 2,12 sedangkan ttabel adalah 2,00. Karena thitung>ttabel berarti hipotesis diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan strategipembelajaran Vee Map dalam praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIIISMP N 16 Padang pada ranah kognitif dan ranah psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:58
Last Modified: 29 Jul 2025 04:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18280

Actions (login required)

View Item
View Item