Wahyuni, Resti Henny (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RESTI_HENNY_WAHYUNI_1204963_199_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_RESTI_HENNY_WAHYUNI_1204963_199_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RESTI_HENNY_WAHYUNI_1204963_199_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang dilakukan kurang memvariasikan pembelajaran dengan menerapkan model dalam pembelajarannya. Guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, kurang melibatkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan kurangnya penghargaan terhadap hasil belajar siswa. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan Model kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kota Padang.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I diperoleh rata-rata 73,2% meningkat menjadi 89,2% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran PKn dari aspek guru diperoleh rata-rata 70,3% pada siklus I meningkat menjadi 90,6% pada siklus II, pada aspek siswa diperoleh rata rata persentase 70,3% pada siklus I meningkat menjadi 90,6% pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa mengalami peningkatan dari 73,3 pada siklus I menjadi 85,5 pada siklus II. Dengan demikian, Model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn Di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kota Padang.alam Pembelajaran PKn Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Model Kooperatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18276 |