Rahmi, Febria (2014) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas II SD Negeri 02 Percontohan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRIA_RAHMI_54222_3085_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRIA_RAHMI_54222_3085_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FEBRIA_RAHMI_54222_3085_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu, disebabkan guru belum sepenuhnya mampu menerapkan pembelajaran tematik terpadu sesuai dengan pendekatan yang seharusnya digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan pendekatan scientific.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pada siklus I penilaian RPP memperoleh rata-rata nilai 75%, pada siklus II meningkat menjadi 79%, dan pada siklus III meningkat menjadi 80%. Aktivitas guru memperoleh rata-rata nilai 72% pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 77% dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 80%. Aktivitas siswa memperoleh rata-rata nilai 75% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 80%, dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 90%. Penilaian terhadap proses dan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata rata nilai 60, pada siklus II meningkat menjadi 72, dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 81. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam kegiatan menanya dan mengkomunikasikan di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik terpadu, pendekatan scientific, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18241 |