Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SDN 10 Sapiran Bukittinggi

Fitri, Febri Yunita (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SDN 10 Sapiran Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRI_YUNITA_FITRI_1200618_6663_2017.pdf] Text
final_B1_6_FEBRI_YUNITA_FITRI_1200618_6663_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 10 Sapiran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan Cooperative Learning tipe Think Pair Share di Kelas IV SDN 10 Sapiran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dengan 2 pertemuan, dan siklus II dengan 1 pertemuan. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Sapiran dengan jumlah siswa 30 orang .
Hasil penelitian penilaian RPP siklus I dengan rata-rata 78,57% (baik). Pada siklus II meningkat dengan rata-rata 96,42% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran untuk guru pada siklus I yaitu 75% (baik) dengan siklus II meningkat menjadi 93,75% (sangat baik). Sedangkan pelaksanaan pembelajaran untuk siswa siklus I yaitu 68,75% (cukup) meningkat pada siklus II dengan rata rata 87,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari siklus I 76,33% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,03. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Cooperative Learning Think Pair Share, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:28
Last Modified: 29 Jul 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item
View Item