Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Senilai Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Alhaqi, Konika Sabita (2021) Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Senilai Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Konika_Sabita_Alhaqi_17129148_3409_2022.pdf] Text
final_B1_06_Konika_Sabita_Alhaqi_17129148_3409_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar pecahan senilai yang digunakan selama ini masih belum memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Contextual Teaching and Learning merupakan sebuah pendekatan yang cocok dijadikan dasar pembuatan bahan ajar pecahan senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan bahan ajar pecahan senilai berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan angket respon guru serta angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 36 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Payakumbuh dan SD Negeri 32 Payakumbuh. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah bahan ajar pecahan senilai berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV Sekolah Dasar. Hasil uji validitas bahan ajar secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 90,77% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 93,33% dan 94,62% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pecahan senilai berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR PECAHAN SENILAI, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:28
Last Modified: 29 Jul 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item
View Item