Welinda, Febri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRI_WELINDA_1108335_650_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRI_WELINDA_1108335_650_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FEBRI_WELINDA_1108335_650_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SD Negeri 15 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman bahwa guru belum menguasai metode atau pendekatan pembelajaran, guru belum melibatkan siswa secara aktif dan guru belum mengajarkan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa rendah dan belum memuaskan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian RPP pada siklus I adalah 76.78% (B) meningkat pada siklus II yaitu 91.06% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I 78.57% (B), meningkat pada siklus II yaitu 91.06% (SB). Dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai 74.99% (C) meningkat pada siklus II yaitu 89.28% (SB). Hasil belajar siswa pada hasil penelitian siklus I adalah 73.91 (C), pada siklus II meningkat menjadi 84.46 (B). Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18226 |