Putra, Febri Rahmadani (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FEBRI_RAHMADENI_PUTRA_18055_4700_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FEBRI_RAHMADENI_PUTRA_18055_4700_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FEBRI_RAHMADENI_PUTRA_18055_4700_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPS dibandingkan siswa sehingga siswa menjadi pasif, siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Script di kelas V SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian teridiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 79,16% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 77,88 meningkat menjadi 90,38 pada silus II dan dari aspek siswa siklus I adalah 77,88 meningkat menjadi 90,38 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian Siklus I 40 meningkat menjadi 92 pada Siklus II. Dengan demikian model Cooperative script telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Cooperative Script, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:25 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18203 |