Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah

Veni, Veni (2017) Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_VENI_1300390_4955_2017.pdf] Text
B1_05_VENI_1300390_4955_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyesuaian diri di sekolah merupakan suatu keadaan dimana siswa mampu bertindak sebagaimana mestinya seorang siswa di sekolah. Kenyataan yang terjadi di lapangan masih ada siswa yang belum mampu melakukan hal yang demikian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen model Pre Experiment, dengan desain The One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 6 Padang yang memiliki masalah penyesuaian diri di sekolah sebanyak 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan intrumen penyesuaian diri siswa di sekolah. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa di sekolah sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa pendekatan cognitive behavior therapy dengan rata-rata pretest 152,3 dan posttest 173,9. Pendekatan cognitive behavior therapy setting kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah. Berdasarkan hasil temuan di atas, disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan kegiatan pendekatan cognitive behavior therapy setting kelompok secara rutin agar siswa mampu menyesuaiakan diri di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy, Setting Kelompok, Penyesuaian Diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:23
Last Modified: 29 Jul 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18187

Actions (login required)

View Item
View Item