Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pengolahan data Dengan Model Cooperative Learning Tipe Think, Pair and Share (TPS) Di Kelas VI Min Kapencong Kabupaten Pesisir Selatan.

Hazmi, Febri (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pengolahan data Dengan Model Cooperative Learning Tipe Think, Pair and Share (TPS) Di Kelas VI Min Kapencong Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FEBRI_HAZMI_1108416_3041_2016.pdf] Text
final_B1_6_FEBRI_HAZMI_1108416_3041_2016.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pengolahan data di kelas VI Min kapencong Kabupaten Pesisir Selatan . Guru masih menggunakan pendekatan konvensional, serta tidak menggali kemampuan siswa untuk berfikir kritis, kreatif, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pengolahan data dengan model cooperative learning tipe Think, Pair and Share (TPS) di kelas VI Min Kapencong Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran Pengolahan data dengan model Cooperative Learning tipe Think, Pair and Share (TPS) di kelas VI Min Kapencong Kabupaten Pesisir Selatan . Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Min Kapencong Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 18 orang. Prosedur penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada masing-masing siklus 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP telah menunjukkan peningkatan dari rata-rata yang didapat dari siklus I 76,78% meningkat menjadi 92,86% pada siklus II, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi 78,12% pada siklus II, sedangkan pada aspek siswa juga meningkat dari 65,63% menjadi 78,12% pada siklus II, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75,28% meningkat menjadi 89,50% atau meningkat sekitar 14,22%. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model cooperative learning tipe Think, Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran pengolahan data.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Think Pair Share (TPS), Pengolahan data
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:22
Last Modified: 29 Jul 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18176

Actions (login required)

View Item
View Item