Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar PKn di Kelas V SDN 09 Bandar Buat

Siregar, Reski Fauzi (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar PKn di Kelas V SDN 09 Bandar Buat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RESKI_FAUZI_SIREGAR_1305037_506_2018.pdf] Text
final_B1_06_RESKI_FAUZI_SIREGAR_1305037_506_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn di lapangan masih menggunakan metode konvensional hasil belajar siswa rendah dengan menerapkan model NHTpada pembelajaran PKn hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh model NHT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 09 Bandar Buat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental-semu (quasi-experimental). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 09 Bandar Buat yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dan VB SDN 09 Bandar Buat. Instrumen dan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS v.17. Nilai thitung sebesar1.772 dengan P-Value sebesar 0.082. Jadi, nilai P-Value yang diperoleh lebih kecil dari α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model NHT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaranPKn di kelas V SDN 09 Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:22
Last Modified: 29 Jul 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item
View Item