Juliandri, Juliandri (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op di Kelas VI SDN 01 Tanjung Paku Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JULIANDRI_58416_594_2013.pdf [thumbnail of B1_6_JULIANDRI_58416_594_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JULIANDRI_58416_594_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan dan pengamatan bahwa hasil belajar siswa pada ulangan harian pertama semester I tahun ajaran 2012/2013 belum mencapai KKM. Hal ini di sebabkan oleh guru cendrung menggunakan metode ceramah, guru kurang memanfaatkan kelompokkelompok
belajar, guru kurang membangkitkan minat belajar siswa, guru
kurang memberikan inovasi pembelajaran. Berdasarkan kenyataan inilah penulis ingin memperbaiki pembelajaran PKn dengan menggunakan Cooperative Learning tipe co-op co-op.
Cooperative learning tipe co-op co-op memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka dan dunia, dan selanjutnya memberikan kesempatan untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya. Penggunaan pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Tanjung Paku Kota Solok, pada bulan Oktober Sampai November pada
semester I tahun pelajaran 2012/2013, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini perencanaan pembelajaran disusun praktisi yang dirumuskan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP).Pelaksanaannya mengikuti sembilan langkah yaitu: 1) diskusi kelas yang
terpusat pada siswa, 2) menyeleksi tim pembelajaran siswa dan pembentukan tim, 3) seleksi topik tim, 4) pemilihan topik kecil, 5) persiapan topik kecil, 6) presentasi topik kecil, 7) persiapan presentasi tim, 8)presentasi tim, 9) evaluasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan Cooperatif Learning tipe co-op co-op ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Siklus I pertemuan satu rata-rata 67,siklus I pertemuan dua rata-rata meningkat menjadi 71 dan siklus II pertemuan satu rata-rata meningkat menjadi 79. Berdasarkan data tersebut
maka pembelajaran dengan menggunakan Cooperatif Learning tipe co-op coop dari siklus I sampai siklus II mengalami
peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18125 |