Indriani, Wike (2014) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIKE_INDRIANI_54924_3236_2014.pdf [thumbnail of B1_5_WIKE_INDRIANI_54924_3236_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIKE_INDRIANI_54924_3236_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pencapaian hasil belajar Fisika yang belum optimal menunjukkan bahwasiswa belum memahami konsep fisika secara konfrehensif dan rinci, ini berartiketerampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Salah satu faktor penyebabnyaadalah kurang efektifnya strategi pembelajaran dan LKS yang digunakan gurudalam proses pembelajaran baik pada kegiatan praktikum maupun non praktikum.Strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dilengkapidengan LKS berbasis Strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir(SPPKB) merupakan cara yang diharapkan efektif untuk meningkatkanketerampilan berpikir kreatif siswa. Oleh sebab itu, peneliti menyusun LKSFisika dengan menggunakan tahap-tahap Strategi pembelajaran PeningkatanKemampuan Berpikir (SPPKB) . Penelitian ini bertujuan untuk menyelidikipengaruh penggunaan LKS berbasis Strategi Pembelajaran PeningkatanKemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa XIIPA SMAN 1 Solok selatan.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian iniadalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Solok Selatan yang terdaftar pada TahunAjaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik PurposiveSampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir untukhasil belajar ranah kognitif (keterampilan berpikir kreatif), format observasi untukpenilaian sikap kreatif , dan rubrik penskoran untuk hasil belajar ranahpsikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaandua rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi”terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berbasis Strategi pembelajaranPeningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap keterampilan berpikirkreatif siswa kelas XI IPA SMAN 1 Solok selatan” dapat diterima pada tarafnyata 0,05. Dengan demikian, penggunaan LKS berbasis Strategi pembelajaranPeningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan keterampilanberpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18117 |