Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Putri, Juanna Eka (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JUANNA_EKA_PUTRI_17129342_4413_2021.pdf] Text
B1_6_JUANNA_EKA_PUTRI_17129342_4413_2021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa guru dalam pembelajaran
tematik terpadu kurang melibatkan masalah nyata yang ada di sekitar siswa,
sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar khususnya ranah pengetahuan.
Hal tersebut berkaitan dengan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan
karena model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat
mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan pada materi tematik terpadu
Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif metode eksperimen yang
desainnya eksperimen semu bentuk the non-equivalent pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan probability sampling jenis cluster random sampling. Berdasarkan teknik sampling yang
digunakan terpilih kelas IVD sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang embelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen
yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen tes jenis pilihan ganda khusus ranah pengetahuan. Hasil penelitian yang diuji berasal dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,667 dan kelas kontrol sebesar 75,963. Setelah analisis prasyarat terpenuhi, maka dilukaukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α=0,05. Setelah perhitungan, diperoleh t hitung =2,293 dan t
tabel =1,674 artinya t hitung >t tabel maka H 0 ditolak dan H a diterima. Koefisien determinasi yang menunjukkan seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL)
terhadap hasil belajar yaitu sebesar 49,9%. Berdasarkan perhitungan menunjukkan bahwa hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:50
Last Modified: 29 Jul 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item
View Item