Wahyuni, Ulfa Sri (2012) Pengaruh Penggunaan Web Blog Terhadap Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran TIK di SMAN 2 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ULFA_SRI_WAHYUNI_06470_2727_2012.pdf [thumbnail of B1_05_ULFA_SRI_WAHYUNI_06470_2727_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ULFA_SRI_WAHYUNI_06470_2727_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berawal dari temuan dilapangan yaitu masih banyaknya siswa kelas X di SMAN 2 Sungai Penuh yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Web Blog. Web blog dibangun dengan menggunakan Wordpress. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh pengunaan Web Blog terhadap hasil belajar TIK siswa dan menguji hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan web blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kelas X di SMA Negeri 2 Sungai penuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa melihat tingkatan dalam populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi pembelajaran menggunakan Web Blog dan kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal setelah melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen. Data yang diperoleh adalah: a) data analisis yang digunakan untuk uji homogenitas, normalitas, dan hipotesis, b) data hasil tes belajar berupa nilai rata rata siswa dengan pembelajaran yang menggunakan Web Blog yaitu 75 sementara siswa yang menggunakan metode konvensional yaitu 67,9. Dengan demikian hasil hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf signifikan 95 % atau Alpha 0,05 yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan web blog lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Terbukti dari hasil uji hipotesis yang hasilnya nilai thitung>ttabel (5,071>1,670). Namun terdapat kelemahan dari penelitian ini yaitu sulit untuk mengontrol siswa yang menggunakan Web Blog.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Web Blog, Hasil Belajar, Konvensional, Eksperimen dan Kontrol. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18100 |