Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SD Negeri 10 Kotobaru Kecamatan Tanjung Raya.

Safri, Joni (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SD Negeri 10 Kotobaru Kecamatan Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JONI_SAFRI_52419_3162_2014.pdf] Text
B1_6_JONI_SAFRI_52419_3162_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional, Pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh sebab itu peneliti dalam penelitian ini menggunakan model
pembelajaran Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PKn di kelas IV
SD Negeri 10 Kotobaru Kecamatan Tanjung Raya Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classromm action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data
penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn tentang sistem pemerintahan pusat di kelas IV SD Negeri 10 Kotobaru Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil Penilaian RPP siklus I pertemuan I 50% dan siklus I pertemuan II 82,85 % siklus II 92.85 %.. Aspek Siswa Siklus I pertemuan I 58.33% dan siklus I pertemuan II 79.16% pada Siklus II 91.66%. Hasil penilaian Aspek Guru Siklus I
pertemuan I 58.33% dan siklus I pertemuan II 79.16 %. Hasil belajar siswa dari siklus I Pertemuan I 71,6 dan siklus I pertemuan II 77. Pada siklus II 80 Pada Siklus II 91.66%. Hal ini merupakan bukti pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan di Kelas IV SD Negeri 10 Kotobaru Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Group Investigation
(GI) dapat meningkatkan konsep pemahaman dalam sistem pemerintahan pusat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:49
Last Modified: 29 Jul 2025 02:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item
View Item