Wahyu, Repia (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan menggunakan Pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_REPIA_WAHYU_57119_335_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_REPIA_WAHYU_57119_335_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_REPIA_WAHYU_57119_335_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 14 Gunung Tuleh bahwa pembelajaran IPA lebih berpusat kepada guru. Dalam pembelajaran IPA guru hanya mentrasper pelajaran apa yang ada di buku siswa saja, sehingga siswa sulit memahami materi pelajaran yang berakibat kepada hasil belajar IPA siswa menjadi rendah, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan CTL di Kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat diketahui dari rata-rata a) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I nilai persentasenya adalah 72,78%, kualifikasi (cukup) meningkat menjadi 89% kualifikasi (sangat baik) pada siklus II. b) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL untuk aspek guru pada siklus I 70,31% kualifikasi (cukup) meningkat menjadi 87,5% kualifikasi (sangat baik) pada siklus II.c) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL aspek siswa pada siklus I 73,43% kualifikasi (cukup) meningkat menjadi 87,5% kualifikasi (sangat baik) pada siklus II. d) Hasil belajar siswa pada siklus I dari ketiga aspek penilaian adalah 72,44 meningkat menjadi 80,34 pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 14 Gunung Tuleh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18060 |