Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung

Hendra, Joni (2012) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JONI_HENDRA_09914_2348_2013.pdf] Text
B1_6_JONI_HENDRA_09914_2348_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengalaman peneliti sebagai guru kelas di SD Negeri 1 Sungai Lansek, dalam pembelajaran IPA guru hanya menuntut siswa untuk mencatat dan menghafal materi pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa jarang dibawa untuk menerapkan dan
mempraktekkan materi pembelajaran IPA secara langsung. Keadaan seperti ini mengakibatkan pembelajaran IPA kurang menarik bagi siswa sehingga minat dan semangat belajar siswa menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran IPA melalui pendekatan CTL.Peningkatan hasil belajar IPA melalui Pendekatan CTL terdapat 7 langkah
yaitu: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan,refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui
Pendekatan CTL. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Dari segi perencanaan pada siklus 1 baru terlaksana 62,5% dengan taraf keberhasilan cukup, sedangkan pada siklus 2 sudah meningkat menjadi 83,35% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Pada
pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 dari aspek guru terlaksana 76,4% atau taraf keberhasilan cukup dan dari aspek siswa terlaksana 73,6% atau taraf keberhasilan
cukup. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu dari aspek guru terlaksana 89,15% dengan taraf keberhasilan baik dan dari aspek siswa terlaksana 90,25% dengan taraf
keberhasilan sangat baik. Dari hasil belajar siswa, pada siklus 1 di peroleh nilai ratarata siswa 69,36 dengan persentase siswa yang tuntas 25,22%. Pada siklus 2 terjadi
peningkatan hasil belajar yaitu diperoleh nilai rata-rata 83,68 dengan persentase siswa yang tuntas 92,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:59
Last Modified: 29 Jul 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item
View Item