Jismawati, Jismawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SDN 02 Pauh Sangik Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JISMAWATI_52345_2300_2012.pdf [thumbnail of B1_6_JISMAWATI_52345_2300_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JISMAWATI_52345_2300_2012.pdf
Download (472kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Pauh Sangik, peneliti sebagai guru kelas IV dalam mengajarkan pembagian masih bersifat konvensional, sehingga kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajran. Sehingga nilai siswa banyak
yang di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran pembagian bilngan bulat melalui pelaksanaan penlitian tindakan kelas dengan pendekatan kooperatif tipe STAD. Langkahlangkah
pembelajaran kooperatif STAD yaitu (1) penyajian materi
pembelajran, (2) membagi siswa kedalam beberapa kelompok
yang terdiri dari 4 orang tiap kelompok yang berbeda kemampuannya, (3) siswa berdiskusi dalam kelompok untuk
membahas LKS, (4) melaporkan hasil kerja kelompok,(5) siswa
mengerjakan tes individu, (6) menentukan hasil tes individu dan memberikan penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan
hasil belajar pembagian bilangan bulat dengan menggunakan
pendekatan kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur
penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu,1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada
siklus pertama perencanaan merupakan indikator, pengamatan kegiatan pembelajaran dan evaluasi. Pelaksanaan berhubungan dengan interaksi belajar antara guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Pauh Sangik yang jumlah siswanya 12 orang. Hasil belajar pembagian bilangan bulat dengan pendekatan cooperatitive learning type STAD mengalami peningkatan dimana rata-rata siklus I kognitif 70,
afektif 55, psikomotor 55, rata-rata tes siswa 6,0, sedangkan nilai siklus II kognitif 90, afektif 91, psikomotor 92 rata-rata tes siswa pada siklus II 9,0.
Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pembagian bilangan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18027 |