Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 06 Kampung Pansur Tarusan Pesisir Selatan

Resti, Kessy Yolanda (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 06 Kampung Pansur Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_KESSY_YOLANDA_RESTI_1200591_767_2017.pdf] Text
final_B1_06_KESSY_YOLANDA_RESTI_1200591_767_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 06 Kampung Pansur Tarusan kurang mengaktifkan pengetahuan yang sudah ada pada siswa sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan pendekatan konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 06 Kampung Pasur Tarusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SDN 06 Kampung Pansur Tarusan. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan hasil tes siswa yang diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Siklus I RPP 82,10%, aktifitas guru 81,25% (baik), aktifitas siswa 75 % (baik), dan hasil belajar siswa 81,25 dengan presentase ketuntasan 68,5%, b) Siklus II RPP 92,85% (sangat baik), aktifitas guru 95% (sangat baik), dan hasil belajar siswa 91.00 dengan presentase ketuntasan 91%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:56
Last Modified: 29 Jul 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item
View Item