Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composision (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru

Fitria, Fitria (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composision (CIRC) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FITRIA_17129330_3096_2021.pdf] Text
final_B1_06_FITRIA_17129330_3096_2021.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, peserta didik kurang
aktif dan terampil sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik
dikelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru. penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading
Composision (CIRC) di kelas IV SDN 05 Pangkalan Koto Baru.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Pangkalan Koto Baru dengan
subjek penelitian adalah guru beserta peserta didik kelas IV. penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitianya
Penelitia Tindakan Kelas (PTK).penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang
meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Teknik analis data mrnggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Data
berupa perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model
CIRC, hasil belajar dalam pembelajaran tematik meliputi sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penilaian RPP
mengalami peningkatan denganpersentase77% (C) saat pembelajaran siklus I
pertemuan 1 meningkat dengan persentase 88% (B) di pertemuan dua dan lebih
meningkat pada siklus dua menjadi 100% (SB). 2) pengamatan aktivitas guru
meningkat yaitu dengan persentase 88% (B) di siklus I meningkat 100% siklus
II. 3) pengamatan Aktivitas peserta didik meningkat dari 88% (B) di siklus I
meningkat dengan persentase 100% (SB) di sikus II. Sedangkan hasil belajar
peserta didik siklus I dengan rata-rata 72,5 rata-rata keterampilan siklus I dengan
rata-rata 64,65, rata-rata pengetahuan siklus II dengan rata-rata 81,14, rata-rata
keterampilan siklus II dengan rata-rata 90,75. Sedangkan untuk penilaian sikap
terdapat 2 orang peserat didik yang menonjol yaitu 1 peserta didik yang perlu
bimbingan dan 1 peserta didik yang diapresiasi ini terjadi pada siklus 1 dan
siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian dengan menerapkan model
Cooperative Integrated Reading composision dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:56
Last Modified: 29 Jul 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item
View Item