Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 07 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Afnidayanti, Afnidayanti (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 07 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFNIDAYANTI_07626_2940_2016.pdf] Text
final_B1_6_AFNIDAYANTI_07626_2940_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang terjadi dilapangan belum sesuai dengan konsep yang diharapkan, dimana siswa belum mampu untuk berfikir kritis dalam mencari solusi suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari, belum mampu menganalisis masalah yang ada, sehingga siswa belum terarah untuk menjadi manusia mandiri, berkualitas, dan produktif. Model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SN 07 Sungai Geringging, dengan jumlah siswa 20 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 07 Sungai Geringging.
Hasil penilaian penelitian menunjukan rata-rata ketercapaian yang diperoleh guru dalam penyusunan RPP pada siklus I 80,35 % meningkat siklus II 92,8 %. Sedangkan aktivitas guru siklus I diperoleh 80,55% meningkat siklus II 94,4%. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 80,25% meningkat siklus II 94,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran Tematik, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 29 Jul 2025 00:52
Last Modified: 29 Jul 2025 00:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item
View Item