Delfiana, Ceci (2021) Hubungan Kemampuan Membaca Ritem dengan Kemampuan Memainkan Talempong Pacik dalam Ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_CECI_DELFIANA_01551_6097_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_CECI_DELFIANA_01551_6097_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_CECI_DELFIANA_01551_6097_2013.pdf
Download (450kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memainkan talempong pacik, terutama dalam memainkan paningkah yang harus disesuaikan dengan dasar dan anak, serta dimulai pada ketukan atas (up). Hal ini menyebabkan hanya sedikit siswa yang mampu bermain dengan lancar. Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan membaca ritem dengan kemampuan memainkan talempong pacik pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 15 Padang.
Jenis penelitian adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa ekstrakurikuler talempong pacik sebanyak 24 orang. Data dikumpulkan melalui tes membaca ritem dan tes memainkan talempong pacik. Analisis data menggunakan uji korelasi (uji-r).
Hasil penelitian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 0.929 > 0.423, yang berarti hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemampuan membaca ritem dengan kemampuan memainkan talempong pacik; semakin tinggi kemampuan membaca ritem, semakin tinggi kemampuan memainkan talempong pacik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca ritem, Talempong Pacik, ekstrakurikuler, SMP Negeri 15 Padang, hubungan korelasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17906 |