Agunaisy, Tri (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Berbantuan Bahan Ajar Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_TRI_ AGUNAISY_12014117_1709_2016.pdf [thumbnail of B1_05_TRI_ AGUNAISY_12014117_1709_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_TRI_ AGUNAISY_12014117_1709_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMAN 13 Padang belum optimal disebabkan oleh kurangnya keinginan dan ketertarikan siswa dalam memahami materi pelajaran Fisika.Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang bervariasi serta bahan ajar yang digunakan kurang menarik baik isi maupun tampilan serta belum memuat nilai-nilai karakter. Untuk mengatasi permasalahan, maka digunakanmodel pembelajaran yang dapat membantu siswa yakin dan percaya dengan kemampuan yang mereka miliki untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS)berbantuanbahan ajar bermuatan nilai karakter. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) berbantuan bahan ajar bermuatan nilai karakter terhadap kompetensi siswa kelas XI SMAN 13 Padang. Penelitian Quasi Experiment Research (Eksperimen Semu) ini menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian yaitusiswa kelas XI MIA SMAN 13 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk kompetensi sikap, tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda untuk kompetensi pengetahuan, dan rubrik penskoran kegiatan praktikum untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data penelitian adalah Uji Chi Kuadrat untuk kompetensi sikap dan keterampilan, sertaUji-t untuk kompetensi pengetahuan. Berdasarkan penelitian, diperoleh ketuntasanhasil belajar kompetensi sikap dan keterampilan siswa kelas eksperimen berturut-turut 30 orang dan 26 orangdari 31 orang siswa, sedangkan ketuntasan kompetensi sikap dan keterampilan siswa kelas kontrol berturut-turut20 orang dan 12 orangdari 32 orang siswa. Dari uji Chi Kuadrat diperoleh harga χ2 hitunguntuk kompetensi sikap dan keterampilan berturut-turut 15,19 dan 2,64dengan χ2 tabel sebesar 3,84 sehingga χ2 hitung>χ2 tabel untuk kompetensi sikap dengan harga C sebesar 44 % dan χ2 hitung<χ2 tabel untuk kompetensi keterampilan dengan harga C sebesar 20 %. Pada kompetensi pengetahuan, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelaskontrol yaitu 83,41 >75,71. Dari Uji-t diperoleh harga thitung sebesar 4,39 dengan ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung>ttabel. Berdasarkan uji hipotesis ketiga kompetensi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) berbantuan bahan ajar bermuatan nilai karakter terhadap kompetensi sikap dan pengetahuan siswa kelas XI SMAN 13 Pa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ARIAS; Nilai Karakter; Bahan Ajar; Kompetensi Siswa; |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17872 |