Bunga, Bunga (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dengan Media Kahoot dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SDN 27 Anak Air. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_BUNGA_18129235_2293_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_BUNGA_18129235_2293_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_BUNGA_18129235_2293_2022.pdf
Download (899kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, pembelajaran masih berpusat pada guru, guru kurang memvariasikan model pembelajaran serta peserta didik kurang terlibat dalam diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Picture and Picture dengan media Kahoot dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 27 Anak Air.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model kooperatif tipe Picture and Picture. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 27 Anak Air yang berjumlah 25 orang.
Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I pertemuan 1 adalah 77,78% (C) dan siklus I pertemuan 2 menjadi 86,11% (B), kemudian semakin meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Penilaian pada aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 83,33% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 88,89% (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (SB). Penilaian pada aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 75% (C) dan siklus I pertemuan 2 adalah 86,11% (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Hasil belajar siswa berdasarkan rekapitulasi penilaian pengetahuan dan keterampilan pada siklus I diperoleh rata-rata 66,72 (D) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,4 (A). Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 27 Anak Air.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kooperatif, Picture and picture, RPP, Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17869 |