Ersya, Afifa Nadhifa (2021) Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Afifa_Nadhifa_Ersya_17129186_1917_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_Afifa_Nadhifa_Ersya_17129186_1917_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Afifa_Nadhifa_Ersya_17129186_1917_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditandai dengan fenomena yang terjadi saat proses pembelajaran seperti peserta didik yang tidak memperhatikan guru, tidur, dan berbicara dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gugus Anai Kota Padang Panjang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional. Penelitian ini melibatkan populasi dengan jumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah Kota Padang Panjang sebanyak 80 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa angket dengan 40 item pernyataan yang diuji coba dan dinyatakan valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS 21.0.
Dari analisis data yang dilakukan diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,591 dan r tabel dengan df=80 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,220 , yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,591>0,220). Dan nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri Gugus Anai Silaing Bawah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17854 |