Afriani, Irma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Data dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SD Dian Andalas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRMA_AFRIANI_07703_629_2012.pdf [thumbnail of B1_6_IRMA_AFRIANI_07703_629_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRMA_AFRIANI_07703_629_2012.pdf
Download (150kB)
Abstract
Pembelajaran pengolahan data khususnya median dan modus pada siswa SD Dian Andalas Padang masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Siswa sangat sulit membedakan antara median dan modus. Sebagian siswa sering salah dalam menentukan median dan modus. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran pengolahan data khususnya pembelajaran median dan modus melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan tujuan agar dapat menghadirkan situasi nyata dalam kelas dan membantu siswa menghubungkan materi yang mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pengolahan data di kelas VI SD Dian Andalas Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, dan hasil tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar pengolahan data siswa dengan menggunakan pendekatan CTL pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I kognitif 77, afektif 73, dan psikomotor 73 dengan rata-rata 74. Sedangkan hasil belajar siklus II kognitif 93, afektif 81, dan psikomotor 82 dengan rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengolahan data melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR PENGOLAHAN DATA, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17752 |