Irma, Irma (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Pendekatan Lingkungan di Kelas IV A SD Negeri 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRMA_1200581_5803_2016.pdf [thumbnail of B1_6_IRMA_1200581_5803_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRMA_1200581_5803_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahya keterampilan menulis deskripsi di kelas IV A SD negeri 03 Pakan Kurai kota Bukittinggi. Penyebabnya yaitu guru kurang melaksanakan tahapan menulis, seperti penggunaan media, melakukan revisi dan pengeditan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan pendekatan lingkungan di kelas IV A SD Negeri 03 Pakan Kurai kota Bukittinggi Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Rancangan penelitian ini meliputi; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil karangan siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV A SD negeri 03 pakan Kurai kota Bukitinggi yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) proses pembelajaran dari (a) aspek guru, tahap pramenulis, 75% (C) pada siklus I, meningkat 90% (SB) pada siklus II. Saat menulis 75% (C) pada siklus I, meningkat 87.5%(SB) pada siklus II. Pasca menulis 75% (C) pada siklus I meningkat 87.5% (SB) pada siklus II. (b) Aspek siswa 70% (C) siklus I meningkat 85% (B) pada siklus II. Saat menulis 62.5% (C)pada sisklus I, meningkat 75%(C) di siklus II. Pasca menulis 75% (C) pada siklus I meningkat 87.5% (SB) pada siklus II. 2) hasil menulis (a) tahap pramenulis rata-rata kelas 78 (B) pada siklus I meningkat 88 (SB) pada siklus II.tahap (b) saat menulis, rata-rata kelas 67 (C) pada siklus I meningkat 78 (B) pada siklus II, (c) tahap pasca menulis, rata-rata kelas 72 (C) siklus I meningkat 81 (B) pada siklus II. Dengan demikian penggunaan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI, PENDEKATAN LINGKUNGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17745 |