Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Kooperatif Tipe TGT Di Kelas IV SDN 03 Koto Tangah Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam.

Rahayu, Jenny (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Kooperatif Tipe TGT Di Kelas IV SDN 03 Koto Tangah Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JENNY_RAHAYU_04335_1725_2013.pdf] Text
B1_6_JENNY_RAHAYU_04335_1725_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA dikaleas IV masih dilaksanakan secara konvensional, guru belum mengajarkan siswa untuk belajar kelompok, belum memberikan kesempatan untuk siswa mengeluarkan pendapatnya,belum menjadikan pembelajaran itu menarik dan menyenangkan bagi siswa. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah endeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research),penelitian ini menggunakan endekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri
dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan sebagai subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
03 Koto Tangah Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam yang berjumlah 16 orang dan satu pengamat yakni guru kelas IV.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, dengan menggunakan kooperatif tipe TGT. Hal ini dapat dilihat,baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 83,95 mencapai 92,9,aktivitas guru dari 77,1 mengalami peningkatan 85,4, aktifitas siswa dari 70,85 mengalami peningkatan menjadi 83,3. Dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum
menggunakan kooperatif tipe TGT adalah 31,25, setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 69,15 persentase ketuntasannya 43,75. Lalu
dilanjutkan ke siklus II dan terjadi peningkatan dengan rata-rata 83,5 persentase ketuntasannya 100. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe
TGT dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:16
Last Modified: 28 Jul 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item
View Item