Saragih, Jenni Herdina (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar Bagi Siswa Kelas III SDN 09 Bahagia Panti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_JENNI HERDINA SARAGIH_52591_1460_2013.pdf [thumbnail of B1_6_JENNI HERDINA SARAGIH_52591_1460_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_JENNI HERDINA SARAGIH_52591_1460_2013.pdf
Download (965kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis, siswa hanya diminta menulis puisi sesuai dengan apa yang ada dalam buku pegangan guru, atau hanya tergantung dengan permintaan guru, tanpa adanya sumber lain yang mampu mempermudah siswa untuk mengembangkan inspirasinya atau mengekspresikan perasaannya dalam bentuk puisi. Siswa sering menerawang dalam menulis puisi, sehingga
puisi belum bermakna. Oleh karena itu diadakan penelitian dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar Bagi Siswa Kelas III SDN 09 Bahagia Panti”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar
pada siswa kelas III SDN 09 Bahagia Panti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi penyusuanan perancanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan serta refleksi terhadap tindakan yang telah dilakukan melalui kolaborasi dengan teman sejawad. Data
diperoleh dari proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar pada siswa yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP pada siklus I diperoleh nilai 69% dan pada siklus II 94%, artinya semua kriteria penulisan RPP sudah terdapatm dalam RPP penelitian. Pengamatan terhadap guru pada siklus I dapat
dipresentasekan 83,5% dan pada siklus II 96,5%. Pengamatan terhadap siswa pada siklus I diperoleh nilai 81.5% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5%. Pengamatan terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas
35.9 dan pada siklus II 70.4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17723 |