Kemala, Ridho (2016) Studi Deskriptif Musik Ansambel Dalam Kegiatan Pembelajaran Seni Budaya Di Smp Negeri 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIDHO_KEMALA_54735_3291_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIDHO_KEMALA_54735_3291_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIDHO_KEMALA_54735_3291_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripskan musik ansambel dalam kegiatan pembelajaran musik ansambel di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Kegiatan ansambel adalah bentuk ansambel campuran, meliputi alat musik pianika, rekorder, dan alat musik ritmis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif karena penelitian ini berusaha mendeskripsikan atau menggambarkan tentang suatu keadaan yang sebenarnya sesuai dengan kenyataan yang ada. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti pembelajaran seni budaya musik ansambel di SMP Negeri 3 Bukittinggi. Peserta didik yang menjadi objek penelitian berjumlah 30 orang, terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan yang kesemuanya terdiri dari peserta didik yang duduk dikelas VII.4. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut diolah secara deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Kegiatan observasi pertemuan pertama dilakukan untuk mengamati tentang pengamatan ritme dan melodi lagu Ibu Pertiwi, pertemuan kedua pengenalan dan mempraktekkan musik rekorder dalam memainkan lagu Ibu Pertiwi, pertemuan ketiga peserta didik diajarkan memainkan alat musik pianika, akord dan melodi dalam membawakan lagu Ibu Pertiwi. Pada pertemuan keempat peserta didik diajarkan cara memainkan alat musik ritmis sesuai pola ritme lagu Ibu Pertiwi. Pada observasi keempat peserta didik peserta didik juga sudah mulai dituntut untuk menyanyikan, memainkan alat musik rekorder, pianika, dan ritmis secara musik ansambel dengan benar. Bedasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti dalam pelaksanaan proses pembelajaran musik ansambel di SMP Negeri 3 Bukittinggi, dapat dikatakan berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran musik ansambel juga terbukti dapat memberikan perubahan positif dalam diri peserta didik, karena dalam kegiatan pembelajaran musik ansambel peserta didik diajarkan kerja sama, disiplin, tenggang rasa, tanggung jawab, empati, dan saling menghormati.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi Deskriptif,Musik Ansambel |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17697 |