Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung

Dewi, Irma Sintya (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRMA_SINTYA_DEWI_16129181_3834_2020.pdf] Text
B1_6_IRMA_SINTYA_DEWI_16129181_3834_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu menggunakan model inkuiri di kelas IV SDN 07 Lubuk
Alung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester I
tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV
sebanyak 12 orang, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 8 orang
perempuan, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas sebagai observer.
Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, siklus I terdiri dari 2 kali
pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai
rata-rata 79,16% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II
94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Peningkatan aspek guru
memperoleh rata-rata siklus I 81,25% dengan kualifikasi baik (B), meningkat
pada siklus II 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Peningkatan aspek
siswa memperoleh rata-rata siklus I yaitu 81,25% dengan kualifikasi baik (B),
meningkat pada siklus II 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil
belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata yaitu 69,54 meningkat pada
siklus II yaitu 86,06. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik terpadu di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK, MODEL INKUIRI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:58
Last Modified: 28 Jul 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item
View Item