Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Pemberian High Touch pada Kelas VIII-1 SMPN 22 Padang

Zola, Restu Emile (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Pemberian High Touch pada Kelas VIII-1 SMPN 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RESTU_EMILE_ZOLA_17426_5177_2015.pdf] Text
final_B1_6_RESTU_EMILE_ZOLA_17426_5177_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemui di kelas VIII-1 SMPN 22 Padang dimana dalam proses pembelajaran didapati kurangnya pendekatan yang dilakukan guru dalam mengajar dan mengakibatkan partisipasi siswa yang rendah serta perilaku belajar yang tidak diharapkan dalam mengikuti proses pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas VIII-1 SMPN 22 Padang ini masih berpusat pada guru. Hasil belajar yang dicapai siswa banyak yang tidak memenuhi standar ketuntasan minimum sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemberian aspek-aspek high touch dan hasilnya dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa serta mengurangi perilaku belajar yang tidak diharapkan sehingga hasil belajar seni budaya siswa kelas VIII-1 SMPN 22 Padang mengalami peningkatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan menurut apa adanya saat penelitian dalam proses pembelajaran seni budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian aspek-aspek high touch dalam proses pembelajaran seni budaya pada kelas VIII-1 SMPN 22 Padang memberikan hasil positif pada siswa. Siswa lebih aktif dan perilaku belajar yang tidak diharapkan dapat dikurangi dengan pemberian aspek-aspek high touch, serta dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,High Touch
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:37
Last Modified: 25 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item
View Item