Irma, Irma (2011) Efektifitas Tagline dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Remaja. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IRMA_83411_1761_2012.pdf [thumbnail of B1_5_IRMA_83411_1761_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IRMA_83411_1761_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Remaja merupakan salah satu target produsen untuk mempromosikan
produknya. Maka perlu dibentuk cara yang efektif dalam mempromosikan produk
melalui iklan, salah satunya iklan media cetak. Efektifnya suatu iklan yang dapat
meningkatkan brand awareness remaja dapat dilakukan dengan cara penggunaan
tagline dalam iklan tersebut. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan
masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh efektifitas iklan yang
menggunakan tagline dalam meningkatkan brand awareness remaja. Hipotesis
penelitian adalah terdapat pengaruh efektifitas iklan yang menggunakan tagline
dalam meningkatkan Brand Awareness remaja.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Bertujuan untuk
melihat perbedaan brand awareness antara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 60 orang remaja yang kemudian
akan dibagi menjadi 30 orang untuk kelompok eksperimen dan 30 orang untuk
kelompok kontrol. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel incidental sampling. Penelitian ini menggunakan recall test
untuk mengukur brand awareness yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan
berdasarkan item yang dikemukakan Clow dan Baack (2007). Adapun teknik
analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test yang diolah
menggunakan SPSS 16.0 for Windows.
Hasil uji beda menunjukkan bahwa tagline memberikan pengaruh yang
signifikan dalam meningkatkan brand awareness remaja. Hal ini didukung oleh
fakta nilai t = 7,91, p = 0,000 (p<0,05). Dengan demikian hipotesis yang
dikemukakan sebelumnya terbukti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TAGLINE, BRAND AWARENESS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17460 |