Pembuatan Lks IPA Berorientasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Materi Zat Adiktif dan Psikotropika, Bunyi, Cahaya, dan Alat Optik di Kelas VIII SMP/MTs

Kumala, Syerly (2016) Pembuatan Lks IPA Berorientasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Materi Zat Adiktif dan Psikotropika, Bunyi, Cahaya, dan Alat Optik di Kelas VIII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SYERLY_KUMALA_1205657_4935_2016.pdf] Text
B1_05_SYERLY_KUMALA_1205657_4935_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan mata pelajaran IPA yang ditemui di sekolah adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini disebabkan oleh banyak factor, salah satunya adalah kurangnya perangkat pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran IPA. Oleh sebab itu perlu dirancang perangkat pembelajaran dalam bentuk LKS IPA. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kegiatan siswa materi pelajaran IPA untuk materi pokok zat adiktif dan psikotropika, bunyi, cahaya dan alat optik Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari 5 fase yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation and revision) dan fase implementasi (implementation). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai 4 fase. Untuk menguji validitas LKS IPA yan dibuat diambil subjeknya dosen jurusan fisika sebanyak 4 orang. Sedangkan uji praktikalitas dibuat guru IPA SMP sebanyak 5 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa lembar kegiatan siswa pelajaran IPA berorientasi model PBI. Produk penelitian dikategorikan valid dari aspek kelengkapan lembar kerja, kelayakan isi, penggunaan bahasa lembar kegiatan siswa, dan kegrafisan lembar kegiatan siswa dengan nilai rata-rata 86,25%. Produk penelitian juga dikategorikan praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 82,41% dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, dan manfaat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HOTS; Lembar Kerja Siswa; Fisika; SMA Kelas XI; Sumatera Barat
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:10
Last Modified: 25 Jul 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item
View Item