Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Fisika Siswa

Tasya,, Sagita (2022) Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Fisika Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TASYA_SAGITA_17033043_791_2022.pdf] Text
B1_5_TASYA_SAGITA_17033043_791_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian mengenai media pembelajaran telah banyak dilakukan dalampembelajaran fisika. Hasil dari berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnyamenunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan mediapembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Namun belum ada penelitian untukmelihat pengaruh media tersebut dalam skala yang lebih besar. Oleh karena itu,diperlukan metode yang sesuai untuk menganalisis kembali dengan melakukanpengumpulan data statistik dari penelitian sebelumnya menggunakan pengukuraneffect size pada pengaruh media pembelajaran. Metode yang tepat untukmelakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode meta analisis.Jenis penelitian yang dilakukan adalah meta analisis. Metode meta analisismerupakan penelitian menggunakan beberapa literatur yang telah ada denganmengangkat permasalahan yang sejenis secara sistematis dan kuantitatif untukmemperoleh kesimpulan yang akurat. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini yaitu menghitung effect size menggunakan persamaan Cohen’s,berdasarkan rerata kelompok eksperimen dan kontrol, standard deviasi, jumlahsampel dan uji hipotesis.Hasil penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa, penerapanmedia pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa secara keseluruhanmemberikan pengaruh dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran fisika.Dilihat dari nilai summary effect size sebesar 1,083 dalam kategori tinggi. Mediapembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari materi pelajaran,jenis media yang digunakan dan tingkatan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapatdisimpulkan bahwa media dalam pembelajaran fisika sangat berpengaruh danefektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA.Kata Kunci : Meta analisis, Media Pembelajaran dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:53
Last Modified: 25 Jul 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item
View Item