Fajri, Gusni (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_GUSNI_FAJRI_1200628_182_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_GUSNI_FAJRI_1200628_182_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_GUSNI_FAJRI_1200628_182_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 19 Air Tawar Barat
bahwa (1) guru kurang mengaitkan pembelajaran IPS dengan masalah-masalah
nyata dikehidupan sehari-hari.(2) guru kurang mengembangkan nalar siswa dalam
memecahkan masalah dalam pembelajaran.(3) guru kurang membimbing siswa
dalam belajar kelompok. Hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran IPS masih
rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 19
Kota Padang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus,
dilaksanakan melalui kerjasama dengan guru kelas dan teman sejawat. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 19 Padang yang berjumlah 25
orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah.
Berdasarkan hasil analisis data maka didapatkan hasil perencanaan siklus I nilai
rata-rata 69,64%, meningkat pada siklus II 85,80%. Penilaian aktivitas guru siklus
I nilai rata-rata 85,71%, meningkat pada siklus II 92,86%. Penilaian aktivitas
siswa siklus I nilai rata-rata 70,54, meningkat pada siklus II 87,50. Hasil belajar
siswa siklus I nilai rata-rata 71,09, meningkat pada siklus II 82,00. Dengan
demikian model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 19 Air Tawar Barat Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17408 |