Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran IPS di Kelas III SDN 04 IX Korong Kota Solok.

Rachmat, Lichia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran IPS di Kelas III SDN 04 IX Korong Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LICHIA_RACHMAT_54216_92_2015.pdf] Text
B1_6_LICHIA_RACHMAT_54216_92_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS di
kelas III SDN 04 IX Korong Kota Solok, guru masih banyak
mendominasi pembelajaran yang mengakibatkan siswa pasif, jenuh
dan bosan dalam belajar IPS. Selain itu guru juga kurang
memberikan kesempatan untuk siswa untuk saling bertukar pikiran.
Serta tidak digunakannya rencana pelaksanaan pembelajaran tematik
oleh guru. Hal ini mengakibatkan turunnya hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan rencana
pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan Cooperative
Learning Tipe Make A Match di kelas III SDN 04 IX Korong Kota
Solok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan penelitian, (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data
penelitian ini dalam bentuk informasi tentang hasil pengamatan
terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada
akhir setiap pertemuan dalam tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan
hasil RPP yang meningkat dari siklus I 78,57%, hingga siklus II
96,42%. Kemudian hasil penialaian terhadap pelaksanaan guru
mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan 70% hingga siklus II
pertemuan II 96,42%. Dan untuk hasil penilaian dari aspek siswa
juga mengalami peningkatan dari siklus I 65% hingga siklus II
94,64%. Peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan
dilihat rata-rata skor perolehan yang terus meningkat dari siklus I
68,07, hingga siklus II 97,91. Dengan demikian dengan
menggunakan Cooperative Learning Tipe Make a Match dan
menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan
menggunakan tema peristiwa dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa di kelas III SDN 04 IX Korong Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:48
Last Modified: 25 Jul 2025 06:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item
View Item